Kunjungan Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang ke SDGs Center Universitas Padjadjaran

on
59
views

Pada Selasa, 2 Agustus 2022 empat dosen dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang berkunjung ke kantor SDGs Center Universitas Padjadjaran. Maksud dari kunjungan tersebut adalah untuk mengetahui berbagai kegiatan SDGs Center Universitas Padjadjaran. Hal ini ditujukan untuk mewujudkan kegiatan terstruktur Tridharma PT melalui implementasi pendidikan bagi pembangunan berkelanjutan dalam kurikulum, pengenalan konsep pendidikan bagi pembangunan berkelanjutan kepada masyarakat dan kegiatan workshop/seminar/pelatihan.

Ahmad Komarulzaman selaku Deputi Direktur SDGs Center Unpad memberikan sharing mengenai peran Universitas dalam pencapaian SDGs. Melalui pengajaran dan penelitian, perguruan tinggi dapat membekali para mahasiswa dengan keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk berpartisipasi dalam mencapai SDGs.  Selaku akademisi, para dosen dan pihak SDGs Center di suatu perguruan tinggi dapat terlibat dalam capacity building, evaluasi, policy paper/ policy brief, dan terlibat dalam data dan indikator pembangunan.

Ahmad Komarulzaman menjelaskan kontribusi Tridharma Perguruan Tinggi terhadap SDGs. Dalam bidang penelitian, kampus dapat melakukan penelitian terkait SDGs, penelitian interdisiplin dan transdisiplin, inovasi dan solusi, peningkatan kapasitas penelitian, dan evidence-based analysis. Dalam bidang pendidikan, kampus dapat memberikan pendidikan berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan, peningkatan kapasitas, dan mobilisasi generasi muda. Dalam bidang pemberdayaan masyarakat, kampus berperan sebagai fasilitator dan katalisator keterlibatan publik, dialog dan aksi lintas sektor, advokasi masyarakat, dan meningkatkan komitmen para pemangku kepentingan.

Acara yang berlangsung secara luring di kantor SDGs Center Unpad ini diakhiri dengan diskusi tanya jawab dan penyerahan buku “Tujuan Pembangunana Berkelanjutan di Indonesia” dari SDGs Center Unpad kepada dosen Universitas Semarang.