Sosialisasi Hasil Studi Baseline Kabupaten Bandung Barat

on
83
views

Pada hari Rabu, 24 Agustus 2022 bertempat di Ruang Tangkuban Perahu, Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Bandung Barat telah dilakukan sosialisasi hasil studi baseline Kabupaten Bandung Barat oleh tim SDGs Center Universitas Padjadjaran.

Prof Zuzy Anna memberikan penyampaian mengenai SDGs seperti sejarah SDGs, sasaran yang terintegrasi, perbedaan MDGs dan SDGs, pencapaian SDGs di Asean, Indonesia, Provinsi Jawa barat, dan Kabupaten/ Kota di Jawa Barat.  Selain itu, beliau juga menyampaikan pengaruh pandemi Covid19 terhadap pencapaian SDGs. Selanjutnya paparan dari SDGs Center Unpad disampaikan oleh Ahmad Komarulzaman yang menjelaskan mengenai metodologi dan pencapaian SDGs. Identifikasi indikator SDGs berdasarkan IAEG-SDGs (UN). Adapun tujuan riset secara umum yaitu untuk mengarusutamakan SDGs dalam pembangunan di Kabupaten Bandung Barat sehingga Kabupaten Bandung Barat dapat berkontribusi bagi pencapaian SDGs baik provinsi maupun nasional di tahun 2030. Secara khusus, riset ini bertujuan untuk mensosialisasikan SDGs bagi pemangku kepentingan di Kabupaten Bandung Barat yang meliputi pemerintah (OPD), swasta, philantropi, dan akademisi. Selain itu riset ini bertujuan untuk memfasilitasi penyusunan laporan pencapaian SDGs Kabupaten Bandung Barat dan mengukur pencapaian SDGs di Kabupaten Bandung Barat dengan skema business as usual (BAU).  

Setelah pemaparan sosialisasi baseline dari kedua narasumber dari SDGs Center Unpad, kegiatan selanjutnya adalah diskusi dengan para stakeholder yang ada di pemerintahan Kabupaten Bandung Barat. Salah satu keterbatasan data adalah yang berkaitan dengan goals isu lingkungan bukan hanya di level daerah tetapi di level nasional. Meskipun demikian, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat akan memberikan dukungan studi dengan menyampaikan data yang terkumpul terkait lingkungan hidup untuk dijadikan referensi untuk SDGs Center Unpad dalam studi baseline di Kabupaten Bandung Barat.

Kegiatan studi baseline ini sejalan dengan goals 17 yaitu kemitraan sehinngga diharapkan SDGs Center Unpad dan Kabupaten Bandung Barat dapat bersinergi dalam studi ini untuk penilaian ketercapaian SDGs.