Friday, May 31, 2024
FeaturedNews

Sekolah Valuasi Gelombang VI

Pada 27-28 Januari 2023, telah dilaksanakan kegiatan Sekolah Valuasi Gelombang VI yang diadakan oleh EEI-Indonesia, EEPSEA dan SDGs Center Universitas Padjadjaran. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh EEI-Indonesia yang bekerjasama dengan SDGs Center Unpad. Pada kali ini, kegiatan dilangsungkan di Unpad Training Center (UTC), Bandung dengan mendatangkan beberapa pembicara diantaranya adalah Prof. Zuzy Anna, Prof. Arief Anshory Yusuf, S.E.,M.Sc., Ph.D., Dr. Alin Halimatussadiah, Mia Amalia, Ph.D., dan Dr. Martin Daniel Siyaranamual.

Dari 762 pendaftar, terdapat 33 peserta yang lolos untuk mengikuti kegiatann Sekolah Valuasi. Beberapa peserta berasal bukan hanya dari daerah-daerah di Pulau Jawa saja, tetapi juga dari Lampung, Medan, Bali, dan daerah lainnya.

Prof. Arief Anshory Yusuf sedang menyampaikan salah satu materi Sekolah Valuasi Batch VI

Acara dimulai dengan adanya pre-test terlebih dahulu sehingga dapat mengetahui pemahaman dari peserta. Adapun materi yang disampikan dalam sekolah valuasi antara lain: Introduction to valuation: environmental issues and the viewpoint of economics, introduction to cost-benefit analysis, travel cost methods, hedonic price method, contingent valuation method, choice modelling, cost-based method, productivity method, dan benefit transfer. Materi disampaikan dengan memberikan contoh studi kasus seperti estimating damage value due to PCB contamination in new Bedford Harbor dan studi kasus yang relevan lainnya. Dengan demikian, hal ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik bagi para peserta Sekolah Valuasi.

Dengan adanya pelatihan ini, maka diharapkan para peserta yang berasal dari berbagai instansi dan organisasi dapat menerapkan metode valuasi yang tepat di pekerjaan masing-masing.