Duta Kampus SDGs Universitas Padjadjaran Mendapatkan Penghargaan Kategori Inspirasi dalam Kompetisi Duta Kampus SDGs Indonesia 2022

on
110
views

Pada acara konferensi tahunan TPB/SDGs Indonesia Tahun 2022 pada tanggal 2 Desember 2022, ditetapkan penghargaan secara simbolis bagi para penerima penghargaan kompetisi Duta Kampus SDGs. Penghargaan ini ditetapkan berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan juri terhadap berbagai aspek terutama kesesuaian SDGs pada program dan kegiatan Duta Kampus SDGs Indonesia tahun 2022. 

Terdapat 18 Perguruan tinggi yang memperebutkan lima kategori yaitu inspirasi, inovasi, implementasi, sosialisasi, dan apresiasi.  Duta Kampus SDGs Universitas Padjadjaran yaitu Raden Fabian Mochamad Hasanudin dan Nashatra Malicca menerima penghargaan Kategori inspirasi yang bisa disebut juga dengan kategori umum.

Diwawancarai secara online (19/12/202), Fabian (Agribisnis Unpad-2020) menjelaskan bahwa pendidikan SDGs di Unpad dilakukan dalam masa Tahap Persiapan Bersama (TPB) sangat membantu mahasiswa dalam memahami apa itu Sustainable Development Goals. Nashatra Mallica (Psikologi Unpad-2021) menambahkan, tidak hanya materi mengenai SDGs, namun mahasiswa juga diberikan tugas project yang berkaitan dengan SDGs, sehingga dapat lebih mudah memahami apa itu SDGs. 

Menurut Fabian, alasan atau motivasi mengikuti Seleksi Duta Kampus SDGs adalah karena diamanahkan oleh kampus setelah sebelumnya terpilih menjadi Putra-Putri Padjadjaran 2022 kategori Favorit. Hal ini juga didukung dengan adanya S.K. Rektor. Dengan perspektif pribadi, Mallica yang juga seorang influencer menjelaskan alasannya. Adapun motivasi Mallica mengikuti seleksi tersebut karena sebagai influencer, Mallica ingin berkontribusi lebih besar lagi salah satunya dapat mewakili Unpad dalam ajang nasional maupun internasional. Menurut Mallica “kita influencer bisa menginfluence baik atau buruk, aku ingin meng influence orang ke arah kebaikan di isu pendidikan dimana generasi muda dapat berkontribusi lebih salah satunya mewakili kampus”.   

Dalam SDGs Award 2022, mereka membawa beberapa usulan dengan empat topik yaitu 1) Perubahan iklim,  2) Kekerasan seksual, 3) Kesehatan mental, dan 4) Keadilan bagi penyandang disabilitas. Dalam pelaksanaannya, Duta Kampus SDGs akan berkolaborasi dengan beberapa stakeholder di lingkungan Unpad. Pelaksanaannya akan dilakukan dalam periode 2023-2024. 

Keempat topik tersebut dituangkan dalam empat program kerja utama yaitu:  

  1. All for one, one for all.  (SDG 4) untuk dapat memastikan setiap orang penyandang disabilitas dapat mengenyam pendidikan di Universitas Padjadjaran dengan nyaman dan setara 
  2. Honor uphold humanity (SDG 5, 10, 11, dan 16) 
  3. We are here to hear (SDG 3 dan 4), proker ketiga ini dapat berupa podcast dan pengenalan fasilitas konseling seperti peer counselor. 
  4. Action for pollution (SDG 13 dan 7) program kerja seperti bersepeda, penggunaan panel surya, dan air hujan yang ditampung untuk digunakan kembali (recycle). 

Untuk mendukung program kerja dan memotivasi mahasiswa unpad lainnya. Terdapat pesan baik dari Fabian maupun Mallica. berikut ini pesan dari kedua mahasiswa tersebut. 

Pesan dari Fabian 

“Untuk rekan-rekan mahasiswa jangan takut untuk memulai aksi, kami juga mulai dari nol bahkan yang tadinya tidak saling kenal. Kami melakukan brainstorming ide sehingga mendapatkan penghargaan ini. Terkait sustainable, teman-teman yang sudah mempelajari sustainable baik di mata kuliahnya, itu sangat relate/ berkaitan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Oleh karena itu perlu ditingkatkan pengetahuan mengenai sustainability. Saya juga mengajak teman-teman di Unpad dapat membantu program kerja yang telah kami canangkan sehingga dapat tercipta kolaborasi di masa yang akan datang”. 

Pesan dari Mallica

“Dunia sudah memberikan apa-apa yang kita butuhkan, oleh karena itu kita perlu menjaganya. Sebagai mahasiswa kita bisa berkontribusi lebih dengan mengikuti program-program kemahasiswaan seperti Duta Kampus SDGs ini. Kita perlu bersama-sama melakukan kebaikan bukan sendiri-sendiri. Seperti  quotes “we cannot do great things, but we can do small things with great love” (Mother Teresa)” . 

 

Sekali lagi selamat bagi Duta Kampus SDGs Universitas Padjadjaran yang telah mendapatkan penghargaan Kategori Inspirasi dalam program Kompetisi Duta Kampus SDGs Indonesia tahun 2022. Semoga dapat menginspirasi mahasiswa lainnya.