Friday, May 31, 2024
FeaturedNews

SDGs Center Universitas Padjadjaran terlibat dalam lokakarya pemutakhiran Roadmap SDGs

SDGs Center Universitas Padjadjaran terlibat dalam lokakarya pemutakhiran Roadmap SDGs

Pada 10-11 April 2023, Kementerian PPN/Bappenas RI melalui Sekretariat Nasional SDGs Indonesia melakukan workshop lanjutan dengan topik Workshop of Projection, Exercise Results, Policy Strategy, Financing and Interlinkages for SDGs Indicators.

Kegiatan workshop ini dibuka oleh ibu Vivi Yulaswati selaku Kepala Sekretariat Nasional SDGs Indonesia yang juga merupakan Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas. Setelah penyampaian dari Seknas SDGs, Mohd Sani Ismail dari Asian Development Bank (ADB) memberikan sambutan dukungan terhadap pemutakhiran SDGs 2030. Selain itu, terdapat sambutan dari ibu Zuzy Anna selaku Direktur SDGs Center Universitas Padjadjaran.

Kegiatan yang berlangsung dua hari ini diawali dengan diskusi mengenai pilar pembangunan sosial (Tujuan 1-5), Pilar pembangunan Hukum dan tata kelola (Tujuan 16-17), dan Pilar pembangunan ekonomi (Tujuan 7-10). Pada hari kedua, diskusi dilanjutkan dengan pemaparan pilar pembangunan lingkungan (Tujuan 6, 11-15) dan dilanjut pemaparan SDGs interlinkages.

Kegiatan ini dihadiri berbagai pihak termasuk para expertise (tenaga ahli) sesuai goals masing-masing dan dihadiri oleh berbagai lintas kedeputian Kementerian PPN/Bappenas. Road Map SDGs bertujuan untuk memberikan panduan kepada para pemangku kepentingan tentang cara terbaik menavigasi tugas kompleks untuk mencapai tujuan dan target Agenda 2030. Road Map dapat digunakan dalam komunikasi dengan pemangku kepentingan lain yang terlibat dalam implementasi SDGs, seperti pembuat kebijakan, akademisi, masyarakat sipil, sektor swasta dan media, untuk menjelaskan isu-isu terkait SDGs, dan peran penting semua pemangku kepentingan.