Friday, September 20, 2024
FeaturedNews

Perwakilan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang melakukan Kunjungan dan Audiensi terkait pengelolaan SDGs Center Universitas Padjadjaran

Pada Selasa, 25 Agustus 2022 empat perwakilan sivitas akademik  dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Negeri Malang (UM) berkunjung ke kantor SDGs Center Universitas Padjadjaran. Mereka adalah Rizky Firmansyah, S.E.,M.S.A., Slamet Fauzan, S.Pd.,M.Pd., Ahmad Fawaiq Suwanan, S.E.,M.Si., dan Zalfa Khayliz Leviratna Arif. Maksud dari kunjungan tersebut adalah untuk melakukan kunjungan dan audiensi terkait pengelolaan SDGs Center Universitas Padjadjaran. 

Zuzy Anna selaku Direktur SDGs Center Unpad memberikan sharing mengenai peran Universitas dalam pencapaian SDGs. Melalui pengajaran dan penelitian, perguruan tinggi dapat membekali para mahasiswa dengan keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk berpartisipasi dalam mencapai SDGs.  Selaku akademisi, para dosen dan pihak SDGs Center di suatu perguruan tinggi dapat terlibat dalam capacity building, evaluasi, policy paper/ policy brief, dan terlibat dalam data dan indikator pembangunan.

Ahmad Komarulzaman selaku Deputi Direktur SDGs Center Unpad menjelaskan kontribusi Tridharma Perguruan Tinggi terhadap SDGs. Dalam bidang penelitian, kampus dapat melakukan penelitian terkait SDGs, penelitian interdisiplin dan transdisiplin, inovasi dan solusi, peningkatan kapasitas penelitian, dan evidence-based analysis. Dalam bidang pendidikan, kampus dapat memberikan pendidikan berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan, peningkatan kapasitas, dan mobilisasi generasi muda. Dalam bidang pemberdayaan masyarakat, kampus berperan sebagai fasilitator dan katalisator keterlibatan publik, dialog dan aksi lintas sektor, advokasi masyarakat, dan meningkatkan komitmen para pemangku kepentingan.