Friday, September 20, 2024
FeaturedNews

the Director of the Unpad SDGs Center becomes the instructor of the SDG Leadership Program, SDG Academy Indonesia

SDG Academy Indonesia yang merupakan program kerja sama antara United Nations Development Programme (UNDP), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Tanoto Foundation memiliki  program pembelajaran daring dan program kepemimpinan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG).

Salah satu instruktur dalam program kepemimpinan SDG adalah Prof Zuzy Anna selaku Direktur SDGs Center Unpad. Dalam pelaksanaannya, Instruktur bertugas untuk memastikan dan mengawasi semua materi pembelajaran serta melakukan penilaian sesuai jadwal dalam rencana pelajaran.

Kegiatan berdurasi selama lima bulan yang terdiri dari beberapa workshop. Workshop pertama membahas terkait kepemimpinan dan manajemen SDG, manajemen risiko dalam pencapaian SDG, problem identification & root cause analysis, dan pengetahuan SDG sesuai peminatan contohnya adalah poverty issues dan quality education. Workshop kedua membahas terkait design thinking, sustainable business model canvas, strategi komunikasi berkelanjutan. Setelah kedua workshop tersebut, maka tahapan selanjutnya adalah adanya mentoring karya SDG hingga kolokium dan kelulusan program.

Pada program kepemimpinan angkatan 1, Pada 23 Juli 2021, SDG Academy Indonesia meluluskan 33 peserta yang berasal dari berbagai daerah dan latar belakang seperti lembaga pemerintah tingkat nasional, lembaga pemerintah tingkat daerah, sektor swasta, organisasi filantropi, organisasi masyarakat, organisasi media, akademisi, dan mahasiswa. Para peserta lulus dan menyandang gelar SDG certified leadership setelah menyelesaikan kolokium dimana para peserta mempresentasikan proyek akhir mereka yang pada angkatan pertama topiknya adalah pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas pendidikan.

Peningkatan kapasitas kepemimpinan yang berorientasi pada SDGs diharapkan dapat mampu membangun kelembagaan yang efektif (SDG 16) dan juga menguatkan kemitraan untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG 17).