Friday, May 31, 2024

Seri Menyongsong SDGs ANALISIS KETERKAITAN SDGS INDONESIA

Seri Menyongsong SDGs ANALISIS KETERKAITAN  SDGS INDONESIA
About the Book

Saat ini agenda global SDGs tepat berada di setengah perjalanan menuju 2030. Namun demikian, dengan berbagai fenomena global yang terjadi selama ini, termasuk pandemic COVID-19 dan juga krisis ekonomi global, pencapaian target SDGs menjadi lebih menantang. Upaya pencapaian SDGs perlu terus ditingkatkan dan diprioritaskan pada Tujuan/Target/Indikator yang dapat memberikan dampak positif pada pencapaian Tujuan/Target/Indikator SDGs lainnya secara menyeluruh. Buku ini dapat digunakan sebagai panduan untuk pemilihan indikator prioritas tersebut.

Buku ini tidak sekadar menguraikan indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) di Indonesia, tetapi juga menawarkan eksplorasi mendalam melalui lanskap kompleksitas ekonomi (economic complexity) dan analisis jaringan (network theory). Buku ini merinci peta keterkaitan 191 indikator-dimensi dari 16 tujuan, mengandalkan pendekatan data empiris. Dimulai dari evaluasi kinerja indikator SDGs di setiap provinsi hingga perhitungan proximity, centrality, dan density, sehingga buku ini dapat memberikan wawan yang mendalam terkait data dan keterkaitan indiaktor SDGs.

Buku ini menyoroti indikator prioritas di tingkat nasional dan provinsi. Fokus tertuju pada inti jaringan yang terdiri dari 36 indikator, termasuk didalamnya indiaktor-indikator terkait pendidikan, kesehatan, hukum, air dan sanitasi, energi, hunian, kualitas udara, penurunan emisi, dan penanggulangan ketimpangan. Dengan menyajikan urutan prioritas berdasarkan nilai centrality, buku ini dapat menjadi panduan dalam pemilihan indikator prioritas di tingkat nasional, dan juga fondasi untuk provinsi dalam memfokuskan perhatian pada indikator dengan nilai density tinggi. Secara keseluruhan, hasil analisis dalam buku ini tidak hanya merinci keterkaitan indikator SDGs di Indonesia, tetapi juga memberikan fondasi yang solid bagi penentuan prioritas kebijakan dan alokasi sumber daya.

Download buku di sini:

SDGs Interlinkages

Details
Authors: , , ,
Publisher: Unpad Press
Publication Year: 2023
ISBN: 9786233523370
Disclosure of Material Connection: Some of the links in the page above are "affiliate links." This means if you click on the link and purchase the item, I will receive an affiliate commission. I am disclosing this in accordance with the Federal Trade Commission's 16 CFR, Part 255: "Guides Concerning the Use of Endorsements and Testimonials in Advertising."