Friday, September 20, 2024
FeaturedNews

International Seminar – Building A Good-Jobs Economy Through Productivity-Led Structural Transformation

Pada era pasca pandemi COVID-19, Indonesia memerlukan pertumbuhan ekonomi 6% pertahun agar bisa keluar dari jebakan pendapatan menengah (Middle-Income-Trap) pada tahun sebelum 2045, 100 tahun kemerdekaan. Seminar internasional ini bertajuk “Building A Good-Jobs Economy Through Productivity-Led Structural Transformation”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 11 Januari 2022.

 

Tantangan mencapai pertumbuhan ekonomi tersebut cukup besar mengingat, industrialisasi yang di masa lalu menjadi motor utama pertumbuhan, semakin lama semakin berkurang kekuatannya dalam mendorong transformasi struktural. Profesor Dani Rodrik, dari Harvard University, yang menjadi pembicara kunci dalam seminar, menyatakan bahwa daya serap tenaga kerja dari industrialisasi sudah berkurang di hampir semua negara berkembang. Untuk itu diperlukan model pembangunan baru yang lebih sesuai dengan kondisi saat ini. Senada dengan Prof. Dani Rodrik, Prof. Haroon Bhorat dari Cape Town University, menyampaikan pentingnya support terhadap perusahaan mikro, dan survivalist firm yaitu perusahaan-perusahaan berpotensi yang diambang batas survival karena tidak memiliki akses terhadap infrastruktur-infrastruktur mendasar fasilitas storage dan logistics. Dr. Maria Monica Wiharja dari Bank Dunia, menyampaikan bahwa penciptaan lapangan kerja yang baik bisa dicapai melalui percepatan pertumbuhan produktivitas di semua sektor, melakukan transisi agar pekerja bisa beralih ke perusahaan atau sektor yang menciptakan pekerjaan kelas menengah, dan membangun angkangan kerja kelas menengah, fasilitasi pembelajaran dan memberikan dukungan kepada kelompok pekerja tertentu.

 

Pada seminar ini disepakati bahwa tantangan peningkatan kesejahteraan melalui pertumbuhan ekonomi dan transformasi struktural semakin lama semakin berat di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Maka dari itu, diperlukan strategi baru agar Indonesia dapat memenuhi aspirasinya untuk keluar dari middle-income-trap sebelum tahun 2045.