Friday, September 20, 2024
FeaturedNews

IRSA Pre-Conference Workshop: Introduction to choice modelling

Economy and Environment Institute Indonesia (EEI-Indonesia) yang saat ini salah satunya dikelola ohe SDGs Center Unpad menjadi penyelenggara Pre-Conference  Indonesian Regional Science Association (IRSA) Workshop. Konferensi ini adalah acara tahunan utama IRSA yang mempromosikan kemajuan penelitian di seluruh negeri. Konferensi ini memfasilitasi diskusi dan debat terbuka, transfer pengetahuan, strategi perumusan kebijakan, dan jejaring di antara para akademisi dan pembuat kebijakan. Terdapat tiga tema penyelenggaraan Pre-Conference salah satunya adalah tema Introduction by Choice Modelling yang diselenggarakan oleh EEI-Indonesia. Acara ini berlangsung selama dua hari yaitu pada 10-11 Juli 2021.

Acara ini dimulai dengan opening remarks dari Prof Zuzy Anna selaku Direktur SDGs Center Unpad. Adapun materi hari pertama yang disampaikan dalam acara ini adalah microeconomic foundation + overview cost benefit analysis oleh Prof. Arief Anshory Yusuf dan Prof. Zuzy Anna), Overview choice modeling yang disampaikan oleh Dr. Alin Halimatussadiah, dan Steps on Choice Modelling 1 (Choice Modelling Questionnaire Development) yang disampaikan oleh Mia Amalia, Ph.D.

Pada hari kedua, materi dilanjutkan oleh Dr, Martin Daniel Siyaranamual yang membahas terkait Steps on Choice Modelling 2 (Orthogonal design and Data Processing Technique). Lalu dilanjutkan dengan studi kasus, diskusi kelompok, dan presentasi kelompok. Adapun peserta berasal dari latar belakang institusi seperti universitas, lembaga penelitian non-pemerintah, dan NGO.

Dari hasil pretest dan posttest yang dilakukan, terdapat kenaikan nilai rata-rata dari quiz. Nilai pretest adalah 5,62 dan nilai posttest adalah 7,3. Hasil ini menunjukkan rata-rata nilai yang meningkat yang menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan peserta setelah mengikuti workshop pre-conference mengenai introduction to choice modeling. Acara ini diharapkan dapat membantu peserta untuk membuat strategi perumusan kebijakan yang merupakan goals SDG 16.