Friday, September 20, 2024
FeaturedNews

Training for Business PT.Astra Agro Lestari

SDGs Center UNPAD mengadakan training for business PT Astra Agro Lestari pada selasa-rabu, 8-9 Juni 2021. Kegiatan dua hari ini berlangsung secara online dengan empat pembicara yaitu Zuzy Anna, Ahmad Komarulzaman, Heriyaldi, dan Dede Abdul Hasyir. Acara training ini diikuti oleh total 39 peserta yang berasal dari divisi sustainability, CSR, dan climate management PT Astra Agro Lestari.

Adapun pembahasan training meliputi gambaran umum SDG, pemahaman keterkaitan antara SDG dan PROPER yang merupakan kewajiban industri untuk melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan, pengidentifikasian kontribusi program/kegiatan perusahaan terhadap pencapaian SDGs, dan metode pengukuran dampak program/kegiatan untuk pencapaian SDGs.

Zuzy Anna dan Ahmad Komarulzaman menjadi pembicara pada hari pertama. Zuzy Anna menyampaikan topik berkaitan dengan Pengenalan Sustainable Development Goals for Business dan pengenalan metadata SDGs. Sedangkan Ahmad Komarulzaman menyampaikan materi terkait pengenalan tagging SDGs.

Pada hari kedua, terdapat tiga pembicara yaitu Ahmad Komarulzaman, Heriyaldi, dan Dede Abdul Hasyir. Ahmad Komarulzaman melanjutkan sesi terkait tagging SDGs dengan pemberian contoh praktis. Heriyaldi memberikan materi terkait analisis pelaporan kontribusi SDGs. Sedangkan Dede Abdul Hasyir menyampaikan pengenalan metode pengukuran dampak atas program pemberdayaan masyarakat  (Pendekatan SROI).

Secara umum, pemahaman peserta meningkat setelah mendapatkan pelatihan. Hal ini dibuktikan dengan nilai pre test dan post test. Pada pre test peserta mendapatkan nilai rata-rata 54 dan pada post test mendapatkan nilai rata-rata 70,4. Para peserta menyampaikan bahwa training sangat membantu pekerjaan mereka menjadi lebih baik terutama yang berkaitan dengan tagging SDGs dan SROI. Oleh karena itu peserta juga berharap dapat diadakan training lanjutan dengan topik perhitungan SROI, proses koleksi data, perencanaan program SDGs di perusahaan kelapa sawit, dan detail indikator dan target SDGs.

Dalam kaitannya dengan tujuan SDGs, kegiatan ini masuk dalam goals SDG 17 yang targetnya adalah  partnership dalam mencapai tujuan SDGs dengan bisnis. Lalu kegiatan ini juga mencakup tujuan SDG 13 dengan memberikan pemahaman pengambilan tindakan cepat untuk mengatasi perubahan iklim dan dampaknya. Selain itu, kegiatan ini juga mencakup SDG 15 yaitu dengan memberikan pemahaman untuk melindungi, merestorasi, dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem daratan, mengelola hutan secara lestari, memulihkan degradasi lahan, serta menghentikan kehilangan keanekaragaman hayati.