Friday, September 20, 2024
FeaturedNews

Holistic Management of SDGs: Supporting the Achievement of SDGs Implementation in Indonesia

Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit GmbH atau GIZ merupakan  perusahaan internasional milik pemerintah federal Jerman yang beroperasi di berbagai bidang di lebih dari 130 negara. GIZ mengadakan workshop pengelolaan SDGs yang holistik: Mendukung Pencapaian Implementasi SDGs di Indonesia. Acara ini diselenggarakan pada hari Jum’at, 15 Oktober 2021 yang bertujuan untuk meningkatkan peran dari SDGs Center di Universitas Lokal.

Pada kesempatan ini, Prof. Zuzy Anna menjadi pembicara dan menyampaikan materi mengenai peran dan fungsi SDGs Center. Prof. Zuzy Anna memberikan materi terkait Pentahelix and Academic Role in SDGs, Selain itu, materi yang disampaikan berkaitan dengan bagaimana pengembangan peranan SDGs Center seperti mapping-priority, opportunity and gap, capacity building, penentuan fokus kajian. Prof. Zuzy Anna juga  memberikan beberapa contoh riset yang telah dilakukan dengan menjelaskan baseline, monitoring, interlinkages, finance management, prioritizing, pendampingan, dan lain-lain.

Selanjutnya materi dari Prof. Elfindri (Universitas Andalas) dengan judul Kelembagaan dan Struktur Organisasi SDGs Center. Beliau menyampaikan review model kelembagaan Kependudukan dan SDGs Center Universitas, fungsi SDGs Center (capacity building, pendampingan, advokasi, kerja sama kemandirian, partnership, proyek kemandirian, dan kampus merdeka). Setelah pemaparan oleh pemateri, selanjutnya terdapat diskusi dengan peserta. Adapun pembahasan dalam diskusi meliputi relasi LPPM dengan SDGs Center, hubungan SDGs Center dengan SDGs Provinsi, dan sharing dari beberapa universitas lain.

Dalam kaitannya dengan tujuan SDGs, kegiatan ini masuk dalam goals SDG17 yang targetnya adalah  partnership dalam  mencapai tujuan SDGs. Partnership ini dilakukan dengan diskusi antara lembaga untuk penguatan SDG Center dan perannya terhadap daerah