Unpad dan Bank Indonesia Gelar Pelatihan Duta Halal 2020

on
28
views

Universitas Padjadjaran melalui Pusat Studi Padjadjaran Halal Center (PHC) bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) menggelar Pelatihan Duta Halal 2020 yang digelar secara virtual, Senin (26/10) hingga Rabu (28/10). Sebanyak 177 mahasiswa Unpad mengikuti pelatihan tersebut.

Ketua pelaksana pelatihan Dr. Souvia Rahimah, M.Sc., mengatakan, pelatihan ini bertujuan melatih mahasiswa Unpad untuk menyosialisasikan ekosistem halal di lingkungan kampus maupun masyarakat.

Selain itu, mahasiswa juga berperan melakukan pendampingan terhadap UMKM mitra Unpad dalam produksi produk halal dan thayyib.

“Peserta juga diharapkan dapat menjadi agent of change di masyarakat dalam edukasi mengenai halal lifestyle,” ungkap Souvia dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad.Baca juga:  Ahli Hukum Kesehatan Sarankan Penundaan Kehamilan Saat Pandemi

Asisten Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah BI Artarini Savitri menjelaskan, adanya kegiatan pelatihan duta halal ini membantu terselenggaranya ekosistem rantai halal di masyarakat.

Dalam mendukung Indonesia sebagai pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di dunia, penguatan ekosistem rantai halal merupakan strategi yang dilakukan BI. Penguatan ekosistem ini bertujuan menghasilkan nilai tambah di setiap proses ekonomi syariah.

Sementara itu, perwakilan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Siti Aminah menjelaskan, para duta halal dapat membantu menyebarkan dan memberikan edukasi mengenai jaminan produk halal.

“Para duta halal juga dapat melakukan penampingan dalam memproduksi produk halal,” kata Siti.

Pelatihan diisi dengan penyampaian materi dari para dosen di lingkungan Unpad. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unpad Prof. Dr. Hendarmawan.

“Terselenggaranya pelatihan duta halal ini diharapkan menjadi wakil wakil di masyarakat dalam upaya membangun ekosistem halal di Indonesia sebagai bentuk upaya menjadikan Indonesia sebagai pusat halal di dunia,” ujarnya.

Original Post: https://www.unpad.ac.id/2020/10/unpad-dan-bank-indonesia-gelar-pelatihan-duta-halal-2020/