Sekolah Valuasi Gelombang V: Kolaborasi SDGs Center UNPAD – EEI Indonesia

on
126
views

Sekolah valuasi merupakan agenda pelatihan yang diselenggarakan oleh EEI Indonesia bekerjasama dengan SDGs Center Universitas Padjadjaran. Kegiatan kali ini merupakan sekolah valuasi yang kelima, dimana empat kegiatan sebelumnya dilaksanakan di Bandung dan Jakarta.

Pada kegiatan sekolah valuasi yang ke-5 ini, SDGs Center Universitas Padjadjaran melalui perwakilannya berpartisipasi sebagai pembicara dan organizer dalam kegiatan tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Pelatihan CEDS UNPAD ini diikuti oleh kurang lebih 20 peserta dari berbagai institusi seperti Komisi Pemberantasan Korupsi, World Resources Institute, WWF Indonesia, WALHI dan instusi lainnya baik itu dari Pemerintahan, Perguruan Tinggi maupun NGO membahas berbagai macam metode valuasi yang berkaitan dengan bidang ekonomi dan lingkungan.

Direktur EEI Indonesia Prof. Arief Anshory Yusuf dalam Sekolah Valuasi Gelombang V

Pada bagian pembukaan acara dipandu oleh Prof. Arief Anshory Yusuf selaku Direktur EEI-Indonesia sekaligus peneliti senior di SDGs Center Universitas Padjadjaran. Beliau menyampaikan materi mengenai permasalahan lingkungan dan cara pandang ilmu ekonomi.

Kemudian acara dilanjutkan dengan paparan yang disampaikan oleh Dr. Zuzy Anna selaku Direktur Eksekutif SDGs Center Universitas Padjadjaran. Materi Dr. Zuzy Anna berkaitan dengan materi cost and benefit analysis yang merupakan alat analisis dengan prosedur yang sistematis untuk membandingkan serangkaian biaya dan manfaat yang relevan dengan sebuah aktivitas atau proyek.

Direktur Eksekutif SDGs Center UNPAD Dr. Zuzy Anna dalam Sekolah Valuasi Gelombang V

Disamping itu Dr. Zuzy Anna juga menyampaikan materi terkait Travel Cost Method. Pada bagian ini beliau membahas pendekatan travel cost method yang berkaitan dengan nilai ekonomi pariwisata dari taman nasional.

Acara kemudian dilanjutkan dengan materi yang kembali disampaikan oleh Prof. Arief Anshory Yusuf yang kali ini menjelaskan mengenai Hedonic Price Method. Pada bagian ini dilakukan exercise untuk menaksir nilai kerusakan akibat kontaminasi PCB di New Bedford Harbor. Beliau juga menjelaskan juga bagaimana cara kerja fitur data analysis khususnya bagaimana cara melakukan analisis regresi dengan menggunakan microsoft excel.

Berkenaan dengan sekolah valuasi gelombang V ini, acara masih dilanjutkan sampai dengan hari Sabtu, 30 Maret 2019 dengan pembicara Dr. Alin Halimatussadiah (Universitas Indonesia), Dr. Martin Siyaranamual (Universitas Padjadjaran) dan Dr. Mia Amalia (Bappenas).

Peserta Sekolah Valuasi Gelombang V