SDGs Center UNPAD Siap Mendukung Riset Kerjasama Bappenas – JICA Dalam Penguatan Implementasi SDGs

on
302
views

Perwakilan SDGs Center Unpad menghadiri acara “Kick Off Meeting on Project for Strengthening Framework of Implementation of Sustainable Development Goals (SDGs) in the Republic of Indonesia” pada tanggal 4 April 2019 di Bappenas.

Pertemuan ini menandakan dimulainya kerja sama teknis dalam penguatan implementasi SDGs di Indonesia antara Kementerian PPN/Bappenas bersama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Gellwynn Jusuf selaku Sekretaris Menteri PPN/Bappenas membuka acara tersebut dengan menjelaskan bahwa proyek tersebut akan dimulai bulan April 2019 dan akan berlangsung selama 1,5 tahun.

Chief Representative JICA Indonesia Office, Shinichi Yamanaka menuturkan, bahwa proyek ini bertujuan untuk memperkuat kerangka implementasi SDGs dari Pemerintah Indonesia melalui dukungan penentuan definisi dan target indikator domestik, perumusan rencana aksi nasional dan daerah, dan penguatan sistem pemantauan dan evaluasi dalam implementasi SDGs.

Dalam sesi diskusi Dr Zuzy Anna, Direktur Eksekutif SDGs Center Unpad, memberikan masukan terkait workshop penguatan Rencana Aksi Nasional (RAN) dan Rencana Aksi Daerah (RAD), yang menjadi salah satu kegiatan dari proyek ini, agar melibatkan para akademisi dan perwakilan dari SDGs Center di seluruh Indonesia. Selain itu, Zuzy juga menekankan pentingnya riset mengenai keterkaitan antar tujuan SDGs baik di tingkat nasional dan daerah untuk penentuan prioritas SDGs.