SDGs Center UNPAD Ambil Bagian Dalam Peningkatan Kapasitas Pemerintah Provinsi Gorontalo Dalam Studi SDGs

on
56
views

Pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten merupakan salah satu pihak yang berperan sentral dalam pelaksanaan dan pencapaian TPB/SDGs. Dalam rangka melakukan penguatan kapasitas pemerintah daerah terkait studi sustainable Development Goals (SDGs), SDGs Center UNPAD bekerjasama dengan UNDP Indonesia melakukan Pelatihan Untuk Pelatih Studi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) kepada sekitar 20 orang ASN di linkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo, Kab. Gorontalo Utara dan Kota Gorontalo. Pelatihan dilaksanakan di Grand Q Hotel, Gorontalo pada tanggal 1-2 September 2019.

Sebanyak 4 peneliti yang 3 diantaranya dari SDGs Center UNPAD memberikan materi terkait analisis kesenjangan antara target dan baseline indikator TPB, analisis anggaran pemerintah daerah terkait TPB (public finance management) dan penilaian persepsi pemerintah daerah terkait TPB. Adapun tim peneliti dari SDGs Center UNPAD tersebut diwakili oleh Dr. Ahmad Komarulzaman, Ben Satriatna dan Ade Maulana R H.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan pemerintah daerah dapat menganalisis kondisi kesiapan dari masing-masing wilayah dalam menerapkan TPB/SDGs dari sisi perencanaan pembangunan dan penganggaran serta dapat melihat sejauh mana berbagai target TPB/SDGs telah diakomodasi dalam perencanaan pembangunan dan penganggaran pemerintah daerah.