Kolaborasi SDGs Center Unpad dan IGES dalam Pelatihan Social Network Analysis (SNA)

on
17
views

SDGs terdiri dari 17 goals dan 169 target, yang dalam pelaksanaannya harus ada target prioritas yangharus dicapai. Dalam memprioritaskan target tersebut, banyak yang harus dipertimbangkan, salah satu caranya adalah dengan melakukan social network analysis (SNA) diantara goals target dan indikator.

Mengingat pentingnya topik tersebut, SDGs Center Universitas Padjadjaran menggandeng Institute for Global Environmental Strategies (IGES) mengadakan pelatihan Social Network Analysis (SNA) yang didalamnya juga membahas Interlinkages Analysis & Visualisation Tool. Acara yang diselenggarakan pada Rabu, 17 Oktober 2018 ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai institusi seperti Sekretariat Nasional SDGs, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNPAD, Bappeda Provinsi Jawa Barat serta beberapa Pemeritah Kabupaten Kota di Provinsi Jawa Barat.

Dr. Mustafa Moinuddin, Senior Policy Researcher & Research IGES dalam Pelatihan Social Network Analysis.

Bertindak sebagai pembicara dalam pelatihan ini adalah Dr. Mustafa Moinuddin, Senior Policy Researcher & Research IGES. Adapun pokok bahasan dalam pelatihan ini meliputi:

  • Pengembangan sistem dalam kuantifikasi dan analisis antar-link SDG
  • Pengembangan alat web praktis tentang visualisasi antar-link SDG yang dapat mendukungdiskusi dan komunikasi mengenai kebijakan yang terinformasi di antara berbagai pemangku kepentingan di tingkat nasional dan lokal
  • Analisis endalam tentang sinergi SDG dan trade-off dan dampak pencapaian satu target pada target lain menggunakan teknik Analisis Jaringan Sosial dan pendekatan analisis kuantitatif lainnya
  • Dukungan teknis dan rekomendasi mengenai pengaturan prioritas, pengaturankelembagaan dan keuangan dan pemantauan berdasarkan keterkaitan SDG terhadap pembuat kebijakan.