Dubes Korea Selatan Gandeng Unpad Lakukan Kerja Sama Implementasi SDGs

on
157
views

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang Beom melakukan kunjungan ke kampus Universitas Padjadjaran, Rabu (26/9). Kunjungan dilakukan untuk menjajaki kerja sama dengan Unpad terkait implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) antara Korea Selatan dan Indonesia.

Rektor Unievrsitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad berbincang dengan Duta Besar Korea Selatan untuk Republik Indonesia Kim Chang Beom di ruang tamu Rektor Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor. Kunjungan dilakukan untuk menjajaki kerja sama dengan Unpad terkait implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) antara Korea Selatan dan Indonesia.

Kunjungan Kim diterima secara resmi oleh Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad di ruang tamu Rektor Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor. Selain Rektor, turut hadir Direktur pusat unggulan SDGs Center Unpad Prof. Armida Alisjahbana beserta pimpinan SDGs Center, serta Direktur Kerja Sama dan Korporasi Akademik Unpad Prof. Budi Setibudiawan.

Hadirnya SDGs Center menjadi ketertarikan Kim dalam melakukan kerja sama dengan Unpad. Ia menilai Unpad merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang memberikan perhatian terhadap implementasi SDGs.

“SDGs Unpad memiliki dedikasi dalam SDGs dan memberikan beragam solusi dalam pencapaian SDGs. Kita apresiasi adanya pusat unggulan ini,” ujar Kim.

Pasca disepakati oleh para pemerintah dunia 2015 silam, pencapaian SDGs bukan lagi menjadi upaya antar individu. Untuk itu, Kim mendorong Indonesia dan Korea Selatan dapat bekerja sama mengimplementasikan tujuan dan gol yang telah ditetapkan di SDGs.

Kim mengatakan, di tingkat internal negara, implementasi SDGs juga harus menguat di tingkat pemerintahan daerahnya, baik di Indonesia maupun Korea Selatan. Dalam mencapainya, pendidikan tinggi menjadi kunci penting yang bisa mengenalkan secara masif SDGs kepada mahasiswa maupun masyarakat umum.

“Perguruan tinggi juga bisa memberikan beragam solusi kepada pemerintah daerah dalam mengimplementasikan SDGs,” ujar Kim.

Rencana kerja sama ini disambut baik oleh Prof. Armida. Saat ini, SDGs Center telah menghasilkan riset terkait kesiapan provinsi Indonesia dalam mengimplementasikan SDGs. Hasil studi ini bisa dijadikan pedoman kerja sama yang akan dilakukan Unpad dan Korea Selatan.

Dorong Kerja Sama Intensif

Sementara itu, Rektor mengatakan, rencana kerja sama ini diharapkan dapat merambah ke sektor lainnya. Sampai saat ini, Unpad sendiri telah banyak membangun jejaring kerja sama dengan perguruan tinggi maupun pihak pemerintah di Korea Selatan.

Salah satu kerja sama yang didorong Rektor adalah membangun pusat kebudayaan Korea di Unpad. Pusat ini diharapkan dapat menjadi wahana pembelajaran baru terkait kebudayaan Korea seiring meningkatnya aktivitas bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan.

*Berita pertama kali ditayangkan pada halaman https://www.unpad.ac.id/2018/09/dubes-korea-selatan-gandeng-unpad-lakukan-kerja-sama-implementasi-sdgs/ oleh Arief Maulana.