Berpartisipasi dalam Forum Internasional SDGs, Unpad Jalin Sejumlah Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri

on
128
views

Universitas Padjadjaran berpartisipasi dalam pertemuan forum Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) bagi perguruan tinggi yang digelar di National University of Kaohsiung (NUK), Taiwan, Rabu (9/10).

Pertemuan ini merupakan langkah perdana yang diinisiasi NUK, Taiwan, untuk mendukung pencapaian target SDGs melalui peningkatan hubungan antara universitas dan lembaga di tingkat internasional.

Selain itu, forum ini juga mendorong adanya tukar pandangan dan informasi antar perguruan tinggi, sehingga diharapkan terbangun model baru dan rencana aksi kolaborasi dalam mengimplementasikan tujuan global SDGs.

Presiden NUK Prof. Leon Shyue-Lian Wang, NUK sendiri sudah mengadopsi pola SDGs ke dalam sistem pembelajaran mahasiswa. Ini bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pendidikan yang berkualitas dari NUK.

“Kami ingin mahasiwa kami mendapat pekerjaan yang aman dan layak bila mereka sudah lulus kelak. Oleh karenanya kami ingin membantu untuk mencegah dan mengurangi bencana alam, antara lain dengan membangun kota dan masyarakat yang berkelanjutan. Untuk itu kami perlu mencari mitra untuk bekerja bersama sama,” tambahnya.

Pada pertemuan tersebut, Unpad diwakili Kepala Kantor Internasional dr. Ronny, M.Kes., AIFO, PhD, dan Direktur Eksekutif Pusat Unggulan SDGs Center Prof. Zuzy Anna, M.Si. Prof. Zuzy sendiri menyampaikan pemaparan berjudul “National and Regional Readiness in Achieving SDGs in 2030”.

Direktur Eksekutif SDGs Center UNPAD Prof. Zuzy Anna, M.Si., (kanan) dalam pertemuan forum Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) bagi perguruan tinggi yang digelar di National University of Kaohsiung (NUK), Taiwan, Rabu (9/10).*

Melalui pemaparan tersebut, Prof. Zuzy menjelaskan mengenai beragam kajian dan kegiatan yang telah dilakukan oleh Pusat Unggulan SDGs Unpad di seluruh Indonesia. Aktivitas ini dilakukan untuk mendukung pencapaian SDGs di tahun 2030.

“Setiap negara menghadapi problem sendiri sendiri untuk mencapai target SDGs di tahun 2030, begitupun  di Indonesia semua provinsi menghadapi tantangan  besar untuk mencapai target SDGs tersebut. ” kata Prof. Zuzy.

Sementara itu, Ronny juga menjelaskan bahwa Unpad sudah menerapkan kegiatan kegiatan untuk mendukung capaian target SDGs melalui penelitian dan kegiatan akademik lainnya, di antaranya melalui dukungan penuh Unpad kepada  program Citarum Harum milik pemerintah.

“Unpad memiliki  slogan From West Java, for Indonesia, to the World  through SDGs,” kata Ronny.

Jalin Kerja Sama

Tidak hanya Unpad, sejumlah perguruan tinggi dan lembaga internasional juga berpartisipasi pada forum pertemuan tersebut, antara lain University of Malaya (UM) Malaysia, Srinakharinwirot University (SWU) Thailand, dan  American Chinese Environmental Protection Association (ACEPA), National Sun Yat-Sen University (NSYSU) Taiwan, Environmental Protection Bureau of Kaohsiung City, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI) of Kaohsiung Capacity Center (KCC), dan NUK, Taiwan.

Untuk menguatkan dukungan terhadap pencapaian SDGs, Unpad pun menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi partisipan pada forum tersebut. Kerja sama pencapaian SDGs ini dilakukan Unpad dengan NUK Taiwan, UM Malaysia, SWU Thailand, dan ACEPA Republik Rakyat Tiongkok.

Khusus dengan NUK, Unpad menjalin kerja sama akademik yang akan diawali dengan pengembangan program pertukaran pelajar antara kedua perguruan tinggi.

Luncurkan Produk Asal Indonesia

Sebagai model dukungan perguruan tinggi untuk pencapaian target SDGs, pada pertemuan tersebut diluncurkan produk kopi asal Medan, Indonesia. Model dukungan ini mengusung konsep “Coffee Rain Tree”, yaitu konsep yang sangat menarik dan mendukung target capaian SDGs.

Melalui pendekatan business usahan rintisan ini bertujuan  untuk meningkatkan aksesibilitas mahasiswa asing, khususnya dari Indonesia belajar di NUK dengan menggunakan keuntungan yang didapatakan dari berbisnis Coffee Rain Tree.*

Sumber: http://www.unpad.ac.id/2019/10/berpartisipasi-dalam-forum-internasional-sdgs-unpad-jalin-sejumlah-kerja-sama-dengan-perguruan-tinggi-luar-negeri/