Peran Perguruan Tinggi Sangat Penting dalam Pencapaian SDGs

Perguruan tinggi merupakan leading actor dalam kesuksesan pencapaian SDGs di Indonesia, karena memiliki tugas untuk mengedukasi future leaders dan juga para pelaku SDGs lainnya, seperti LSM dan institusi pembangunan, melalui transfer knowledge, riset dan inovasi.

Hal di atas disampaikan oleh Dr. Zuzy Anna, Deputy Director SDGs Center UNPAD, dalam acara “Sosialisasi Sustainable Development Goals (SDGs/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).” Acara tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan pada hari Rabu 13 Desember 2017.

Peran aktif dari perguruan tinggi diharapkan dapat menjadi katalis keterlibatan aktor-aktor non-pemerintahan lainnya dalam mendukung implementasi SDGs di Indonesia. “Sebagai bentuk kesadaran bahwa perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan pencapaian SDGs, UNPAD telah membentuk SDGs center pertama di Indonesia,” ujar Zuzy.

Perguruan-perguruan tinggi di seluruh penjuru Indonesia diharapkan dapat juga berperan aktif seperti ini dalam menyukseskan pencapaian SDGs. Dengan demikian, akan terbentuk sinergi antara pemerintah pusat/daerah dan semua elemen non-pemerintahan yang dapat mempercepat dan mempermudah pencapaian SDGs di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *