Literasi Digital Sebagai Salah Satu Kunci Penyokong Keberhasilan Pencapaian SDGs

SDGs menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan informasi dan perpustakaan di era digital seperti sekarang ini. Hal ini dikarenakan digital literasi menjadi keniscayaan bagi pencapaian pembangunan berkelanjutan.

Demikian catatan-catatan penting di dalam Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Perpustakaan FIKOM UNPAD, di Gd .Auditorium Pasca Sarjana FIKOM UNPAD 30 Oktober 2017. Deputy Director SDGs Center UNPAD, Dr. Zuzy Anna, menjadi salah satu pembicara pada seminar tersebut. Ia menyampaikan materi tentang konsep SDGs secara umum, serta bagaimana peranan perpustakaan dan akademisi dalam pencapaian SDGs. Pembicara lain dalam seminar nasional ini adalah Harkrisyati Kamil dan Kepala Perpustakaan Pusat.

Dr. Zuzy Anna menekankan bahwa “hal penting yang perlu diperhatikan adalah jenis dan kualitas dari informasi yang beredar, misalnya jangan sampai berita-berita yang bersifat hoax”. Pasalnya, proses pembangunan secara keseluruhan dan dalam segala bidang tidak dapat lepas dari adanya peran penyebaran informasi. Oleh karena itu, salah satu kunci penyokong keberhasilan pencapaian SDGs adalah literasi, khususnya yang bersifat digital, yang berkualitas dan bertanggung jawab.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *