Ketimpangan dan daya dukung perkotaan tantangan terbesar SDGs di Jawa Barat

Hasil studi SDGs Center, UNPAD menunjukkan bahwa tantangan pencapaian SDGs di Jawa Barat masih cukup berat. Dengan menggunakan metode scorecard dimana score 4 (A) adalah target SDGs diproyeksikan tercapai atau hampir tercapai di tahun 2030 dan score 0 (E) jika target SDGs masih jauh untuk dicapai, secara umum score Jawa Barat baru mencapai 2.05 (C). Walaupun demikian, score ini masih relatif lebih tinggi dibandingkan dengan score nasional. Demikian disampaikan oleh Prof. Armida Alisjahbana, Direktur SDGs Center UNPAD pada acara Kick off meeting pelaksanaan SDGs yang diselenggarakan oleh BAPPEDA propinsi Jawa Barat di Crown Plaza Hotel Bandung (1 November, 2017).

Hasil kajian juga menunjukkan bahwa masalah ketimpangan (Goal no 10 dari SDGs, Reduced Inequality) dan masalah daya dukung perkotaan (Goal 11, Sustainable Cities) adalah dua tantangan terbesar yang dihadapi Propinsi Jawa Barat. Rasio Gini (indikator ketimpangan standar) di Jawa Barat, misalnya diproyeksikan masih sekitar 0.42 di tahun 2030. Masih meningkat dari kondisi saat ini. Untuk indikator ini, Jabar mendapat nilai D. Sementara itu, SDGs mentargetkan 100% penduduk sudah hidup dengan tempat tinggal layak di tahun 2030. Proyeksi baseline menunjukkan baru 70% dapat tercapai di tahun 2030. Untuk ini Jabar memperoleh nilai D.

Mengingat di tahun 2030 diperkirakan sudah 87% penduduk Jabar tinggal di perkotaan maka tantangan terkait ketimpangan dan daya dukung perkotaan menjadi sangat besar. Problem ketimpangan jauh lebih parah di perkotaan dan jika daya dukung perkotaan untuk memberikan kenyamanan hidup dan kesejahteraan tidak disiapkan dengan baik maka cita-cita SDGs sangat sulit diwujudkan di Jawa Barat.

Dalam acara Kick-off meeting ini, juga berbicara wakil dari Sekretariat Nasional (Seknas) SDGs,Dr. Arum Atmawikarta dan juga wakil dari Filantropi Indonesia, Timotheus Lesmana. Kick-off meeting pelaksanaan SDGs dibuka oleh Kepala Bappeda Jawa Baraa Ir. Yerry Yanuar.

Agenda SDGs Center UNPAD selanjutnya adalah melakukan analisis kesiapan SDGs untuk kabupaten kota di Jawa Barat dan diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lain untuk merumuskan dan melakukan skala prioritas dalam perumusan kebijakan dan program pencapaian SDGs.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *