SDGs Center Meluncurkan Buku dalam Acara Puncak Perayaan Dies Natalis UNPAD ke-60

SDGs Center meluncurkan buku berjudul “Menyongsong SDGs: Kesiapan Daerah-daerah di Indonesia” dalam acara puncak perayaan Dies Natalais UNPAD ke-60, pada 11 September 2017. Direktur SDGs Center yang juga Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad, Prof. Armida Salsiah Alisyahbana, menyerahkan buku tersebut secara langsung kepada Presiden Joko Widodo.

Buku tersebut berisikan pemetaan kesiapan seluruh Provinsi di Indonesia dalam menghadapi SDGs hingga 2030. “Buku ini diharapkan dapat menjadi salah satu pendorong daerah-daerah untuk terus berkomitmen mengimplementasikan pembangunan berkelanjutan paska MDGs”. ujar Prof. Armida Salsiah Alisyahbana.

Dalam acara tersebut, Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad menyampaikan orasi ilmiah yang bertajuk refleksi perjalanan UNPAD. Ia mengatakan bahwa Pola Ilmiah Pokok (PIP) “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional” yang sudah ada sejak zaman kepemimpinan Prof. Mochtar Koesoemaatmadja, Prof. Otto Soemarwoto, dan Prof. Didi Atmadilag, saat ini masih relevan dalam menghadapi tantangan perubahan global. Salah satu pesan penting dari PIP tersebut adalah peranan dunia akademik dalam mengintegrasikan konsep ekologi ke dalam pembangunan.

Sementara itu, dalam acara yang sama, Presiden Joko Widodo menekankan krusialnya perananan perguruan tinggi dalam menjawab tantangan global dan perubahan zaman yang semakin pesat. Hal ini dilakukan dengan cara mengubah orientasi keilmuan menjadi lebih kekinian, seperti dibukanya jurusan keilmuan social media dan e-commerce.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *